Skip to main content

CUKUP SEBUTIR BERAS UNTUK MEMBANGKITKAN CINA

Cina yang sekarang muncul sebagai negara super power dahulunya pernah sangat miskin. Dengan jumlah penduduk yang berjumlah 1 milyar kala itu bukan perkara mudah bagi pemerintah Cina untuk mensejahterahkan rakyatnya. Hutang luar negeri dari negara tetangga terdekat pun menjadi gantungan dari negara super power Uni Soviet.

Alkisah suatu hari terjadi perselisihan paham antara Mao Ze Dong pemimpin Cina era itu dengan pemimpin UniSoviet. Perselisihan begitu panas sampai keluar statement dari pemimpin Uni Soviet. "Sampai rakyat Cina harus berbagi 1 celana dalam untuk 2 orang pun, Cina tetap tidak akan mampu membayar hutangnya"

Ucapan ini sangat menyinggung perasaan rakyat Cina. Rakyat dihimbau untuk rela berkorban demi negaranya. ┏┉┄┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┉┓ 
┆Mao mengajak rakyatnya untuk menyisihkan 1 butir beras untuk setiap anggota keluarga, setiap kali mereka akan memasak. Jika 1 rumah terdiri dari 3orang maka cukup sisihkan 3 butir beras.
└┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈┈ ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴✽̶ <3 

└▸ Nah, beras yang disisihkan dari 1 milyar penduduk Cina tersebut, tidak diKORUPSI tentunya akan menghasilkan 1 milyar butir beras setiap harinya.
└▸ Hasilnya dikumpulkan ke pemerintah untuk dijual. Uangnya digunakan untuk membayar hutang kepada negara pemberi hutang, yang telah menghina mereka.

Akhirnya Cina berhasil melunasi utang mereka ke Uni Soviet dalam waktu yang sangat cepat.

└▸ Keterhinaan yang mendalam telah membangkitkan rasa nasionalisme Cina untuk bangkit melawan hinaan tersebut dengan :
♐ tindakan nyata, bukan hanya
♐ tindakan seremonial, pidato, upacara di stadion besar.

Semoga menjadi inspirasi...  Dan untuk kita renungkan

...@=-=-=-=-=-=@
)) *Ǧ☺☺ϑ* ))
// ♍ơяñΐϞǥ //
// & ♓ανε //
// ª Ŋĭcέ. //
(( *ðå♈* ((
@=-=-=-=-=-=@ 

Always eager to achieve happiness in life together in peace

China sebenarnya negara kaya hanya saja politik tertutup dia yang membikin China tertinggal dari negara dikawasan itu misal Jepang, Korea, Rusia. Mao Zedong mengajarkan komunisme dengan basis petani agar supaya jutaan penduduk bisa makan dengan kenyang, dan sejarah telah membuktikan bahwa China tidak ada pemberontakan karena kelaparan. Paradigma China menjadi bergeser setelah kebijakan Mao Zedong yaitu banyak warga China yang merantau dan mendapat pendidikan sehingga mereka melek yang namanya demokrasi atau keterbukaan, inilah yang mendasari Tiananmen.

Sementara Rusia, pada dasarnya negara miskin, hanya saja karena perang dingin membuat mereka akhirnya terlihat maju, dengan perestroika dan glasnotz begitu saja USSR pecah menjadi negara-negara Balkan. Sistem komunis dengan dasar buruh sangat rentan terhadap pergolakan politik contoh Polandia dengan Lech Wolenska.

Roshov pernah mengatakan (ini bahasa satire saya) : "Rusia itu besar, seperti beruang kutub. Tapi sekali hibernasi dia akan tidur, entah kapan akan bangun lagi", sementara China terus berkembang, dan pemerintahnya hanya dengan sistem monopolistik bisa meruntuhkan semua hegemoni yang berlangsung di USA (demokrasi), British (Kingdom), atau Timur Tengah (Kingdom).

Banyak orang meramalkan bahwa China akan mengalami buble ekonomi, tapi ternyata yang mengalami guncangan ekonomi justru US dan Europe, tidak kurang dari 2 kali US terus digerogoti, pun juga Europe tidak kurang Islandia, Yunani, dan Italia ekonomi mereka terus digerogoti, ujung2-nya IMF.

Beberapa minggu yang lalu, seorang wartawan dari Jurnas, pernah tanya ke saya : "kenapa China terus membangun infrastruktur ?, sementara di belahan bumi yang lain banyak negara mulai menunjukkan ekonomi mereka yang rontok". Saya jawab bagaimana akan rontok ekonomi China, lha wong yang makan saja setiap hari harus 3 x 1 Milyar (orang). Artinya seberapa besar ekonomi yang dipunyai China, maka tiap pagi kita masih akan melihat pria-wanita China selalu pergi ke kedai noodle untuk sarapan pagi dan tepat jam 8 mereka sudah ada di kantor masing-masing (Guilin, 2009).

Ada sebuah novel "Noah of Ark" yang menggambarkan sebuah pembangunan di sebuah pangkalan militer dalam dasar laut, yang dilengkapi dengan persenjataan nuklir (undetected) + dalam sebuah doom, berkemampuan 1000 orang, serta mampu untuk bertahan hidup selama 6 bulan, dilengkapi persenjataan laut - udara dan laut - darat, dan mampu menahan gempuran 500x torpedo dari USS Eisenhower, ternyata itu adalah pangkalan militer China yg terletak di dasar laut China Selatan, apakah ini fiksi atau non fiksi ?. Kita tunggu saja


 
Jorganizer Hamdani
024-7060.9694 (flexy)
hope 4 the best n prepare 4 the worst
knowing is nothing without applying

Comments

Popular posts from this blog

Krisis ekonomi 1930-an

HAMPIR sepanjang tiga dasawarsa pertama abad ke-20 ekonomi dunia tumbuh pesat. Optimisme sangat besar juga di Indonesia (Hindia Belanda pada masa itu). Tetapi ternyata krisis datang dengan tiba-tiba menjelang akhir 1929, dan akan berlangsung selama bertahun-tahun. Biarpun sejak 1937 ada perbaikan namun sebenarnya baru Perang Dunia II yang mengakhiri zaman depresi.

Sejak mula, perkebunan Indonesia, sebagai penghasil ekspor, sangat sensitif terhadap naik turunnya pasaran dunia. Dalam abad ke-19 hasil ekspor yang terbesar adalah gula dan kopi, khususnya dari Jawa. Gula, kata orang, adalah laut tempat Pulau Jawa mengapung. Dialah soko guru kemakmuran ekonominya. Tetapi dalam abad ke-20, dengan saingan dari Brazil, yang menanam kopi, dan Filipina dan Kuba yang mengembangkan perkebunan gula, serta dimajukannya pembuatan gula biet di Eropa, arti gula sebagai bahan ekspor merosot. Ekspor gula ini kemudian jatuh sama sekali dan hilang arti…

Fiat Money tanpa Standar Emas

Meninggalkan Standar Emas Adalah Kesalahan Fatal Yang Harus Kita TanggungOleh Edmund ConwayPada hari Senin pagi kita sudah berhasil bertahan hidup selama empat dekade dengan fiat money (*) - meskipun, mengingat kekacauan yang terjadi di pasar dalam beberapa pekan terakhir, banyak yang menebak-nebak berapa lama lagi hal ini akan bisa bertahan.Pada tanggal 15 Agustus 1971, saat keuangan publik Amerika terhambat karena biaya perang Vietnam, Presiden Richard Nixon akhirnya memotong kaitan antara dolar AS dan emas. Sampai saat itu, Departemen Keuangan AS berkewajiban untuk menukar satu ons emas dimana Bank Sentral bersedia untuk membayarnya seharga $ 35.Tiba-tiba, untuk pertama kalinya dalam sejarah, tingkat mata uang dunia tidak bergantung pada nilai emas atau komoditas lain yang nyata tapi pada tingkat kepercayaan yang dimiliki investor pada mata uang itu. Bank Sentral diizinkan untuk menetapkan kebijakan moneter berdasarkan naluri mereka daripada pada kebutuhan untuk menjaga …

Olahraga Sekaligus Piknik di Tian Tan Buddha

Setelah beberapa kali pergi ke Hong Kong, saya akhirnya berkesempatan mengunjungi Tian Tan Buddha, sebuah patung Buddha terbesar di Hong Kong yang terletak di Ngong Ping, Pulau Lantau. Patung ini merupakan salah satu tempat wajib yang dikunjungi turis.

(Mengapa baru sekarang? Bukan apa-apa, minat saya sih ada tetapi kadang sering kalah oleh nafsu berbelanja di Hong Kong. Apalagi, kalau menginap di Kowloon. Yah, bawaan kaki pasti menelusuri Nathan Road dan Harbor Front).


Patung Buddha raksasa Tian Tan.

Salah satu hal yang menunda niat saya mengunjungi Tian Tan adalah lokasinya yang cukup jauh sehingga tidak bisa sekali naik dengan kereta bawah tanah. Perlu sekitar 35 menit dari stasiun Hong Kong ke stasiun Tung Chung. Dan setelah turun dari stasiun kereta Tung Chung, mesti meneruskan dengan transportasi lain.

Jika kantong tebal, bisa memilih kereta gantung dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. Tetapi, kalau keuangan terbatas (seperti saya waktu itu), bisa naik bus (NLB) sel…