Skip to main content

Belajar untuk Menerima Kritik


"Kritik adalah sesuatu yang dengan mudah dapat Anda hindari dengan tidak mengatakan apapun, tidak melakukan apapun dan tidak menjadi apapun."  - Aristoteles -

Tidak selalu mudah untuk menerima kritik - namun kritik dapat diubah menjadi sebuah kesempatan untuk peningkatan pribadi, perkembangan emosional, efisiensi waktu, memperbaiki hubungan dan rasa percaya diri. Saya menyadari kritik tidak selalu diucapkan dengan lembut dari seseorang yang mencoba untuk membantu.

Terkadang kita dengan sekuat tenaga mencoba untuk memperoleh persetujuan semua orang. Saya terobsesi atas apa yang orang pikirkan tentang saya. Saya melakukan tindakan spekulatif dan biasanya tidak akurat untuk umpan balik yang saya terima, sehingga saya terbenam dalam pikiran negatif tentang kritik dan manfaatnya. Kemudian saya bertanya-tanya — mengapa pendapat orang lain tentang saya begitu penting?

Kita tidak dapat mengendalikan apa yang akan dikatakan orang lain kepada kita, apakah mereka akan menyetujui atau menyatakan pendapatnya. Namun kita dapat mengontrol bagaimana kita menyelaraskan, menyikapi dan belajar dari kritikan, dan ketika kita melepas kesedihan dan melanjutkan hidup. Itu semua tergantung pada pola pikir kita!

Bagi siapa saja yang sulit berurusan dengan kritik, mungkin hal-hal berikut dapat membantu Anda:

Pengembangan Pribadi

1. Mencari benih-benih kebenaran dalam kritik mendorong tumbuhnya kerendahan hati. Tidak mudah untuk melihat kekurangan atau kelemahan diri sendiri, tetapi Anda hanya bisa maju berkembang jika Anda mau mencoba.

2. Belajar dari kritik memungkinkan Anda untuk meningkat. Hampir setiap kritik memberi Anda alat untuk lebih efektif menciptakan masa depan yang Anda bayangkan.

3. Kritik membuka perspektif baru bagi Anda, dan ide baru yang tadinya mungkin belum pernah terpikirkan oleh Anda. Setiap kali seseorang menantang Anda, mereka membantu memperluas pemikiran Anda.

4. Kritik memberikan Anda kesempatan untuk melatih kemampuan mendengarkan secara aktif. Ini berarti Anda melawan keinginan untuk menganalisa di kepala Anda, perencanaan sanggahan Anda dan hanya mempertimbangkan apa yang orang lain katakan.

5. Anda memiliki kesempatan untuk melatih rasa toleran saat Anda menghadapi kritik keras. Sebagian besar dari kita diliputi stres dan frustrasi yang tidak sengaja menyesatkan kita berlarut-larut.
Manfaat Emosional

6. Kontrol emosi saat dikritik, jangan menunjukkan reaksi emosional saat dikomentari. Apapun yang  dilakukan saat kita dalam kondisi emosi (melakukan berdasarkan perasaan), biasanya bukan hal yang baik.

7. Kritik memberikan Anda kesempatan untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, yang tidak selalu mudah ketika Anda merasa sensitif, mengkritik diri sendiri atau kesal dengan kritik yang Anda terima.

8. Menerima kritik yang menyentuh sisi sensitif membantu Anda mengenali isu yang belum terselesaikan. Mungkin Anda sensitif tentang kecerdasan, karena Anda menyimpan sesuatu yang dikatakan seseorang tahun yang lalu – sesuatu yang Anda perlu lepaskan.

9. Menafsirkan umpan balik orang lain adalah kesempatan untuk berpikir rasional - meskipun terkadang kedengarannya negatif, kritik sangat berguna.

10. Kritik mendorong Anda untuk mengatur naluri dan perasaan Anda. Jika kita memosisikan diri untuk melihat hal-hal itu terlalu fokus, tidak ada batas bagi kita untuk terus maju!
Hubungan yang Meningkat

11. Kritik menyajikan kesempatan untuk memilih perdamaian atas konflik. Acapkali, ketika dikritik, insting kita melawan, menciptakan drama yang tidak perlu. Orang-orang di sekitar kita umumnya ingin membantu kita, bukan menghakimi.

12. Menahan kritik akan membantu Anda mengurangi sikap membenarkan diri sendiri. Tidak ada yang menutup pikiran  anda selain ego – yang adalah hal buruk bagi pertumbuhan pribadi dan merusak hubungan Anda.

13. Kritik memberi Anda kesempatan untuk menjelaskan apa yang berbeda dari pemikiran orang lain. Hubungan yang didasarkan pada kebutuhan persetujuan mungkin dapat menyulitkan semua yang terlibat. Hal ini membiarkan orang berpikir apa yang mereka inginkan - mereka akan tetap melakukannya.

14. Kritik memberi Anda kesempatan untuk mengajar orang bagaimana untuk memperlakukan Anda. Jika seseorang melakukannya dengan buruk, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu mereka, "Saya pikir ada beberapa yang benar, tapi saya akan menerima kritik dengan lebih baik jika Anda tidak meninggikan suara Anda."

15. Bagian tertentu dari kritik mengajar Anda untuk tidak memusingkan hal-hal kecil.
Efisiensi Waktu

16. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan tentang apa yang dikatakan seseorang, semakin sedikit waktu Anda untuk melakukan sesuatu.

17. Jika Anda memperbaiki cara Anda melakukan sesuatu setelah menerima kritik, ini akan menghemat waktu dan energi di masa depan.

18. Membangun kemampuan untuk melepaskan perasaan dan pikiran Anda tentang dikritik dapat membantu Anda melepaskan hal lain dari kehidupan Anda. Melepaskan kekhawatiran, penyesalan, tekanan, ketakutan dan bahkan perasaan positif membantu  menemukan akar masalah Anda sendiri pada saat itu. Perasaan menerima adalah yang paling efisien dalam penggunaan waktu.

19. Kritik memperkuat ruang gerak pribadi. Luangkan 10 menit untuk memproses emosi Anda, mungkin dengan menulis jurnal, akan memastikan Anda merespon dengan baik. Merespon dengan baik akan mencegah sebuah komentar kritis menguasai hari Anda.

20. Dalam beberapa kasus, kritik mengajarkan Anda bagaimana untuk berinteraksi dengan seseorang – misalnya jika mereka negatif atau bermusuhan. Mengetahui hal ini dapat menghemat banyak waktu dan stres di masa depan.
Percaya Diri

21. Belajar untuk menerima kritik semu - umpan balik yang tidak memiliki nilai membangun - tidak kehilangan kepercayaan diri adalah suatu keharusan jika Anda ingin melakukan hal-hal besar dalam hidup. Anda menerima pekerjaan lebih besar, kritik juga akan lebih besar.

22. Ketika seseorang mengkritik Anda, itu menampakan kelalaian Anda sendiri. Jika Anda diam-diam setuju bahwa Anda malas, Anda telah mencari hingga ke akarnya. Mengapa Anda percaya itu - dan apa yang dapat Anda lakukan?

23. Belajar untuk tetap melangkah ke depan setelah kritik, bahkan jika Anda tidak merasa percaya diri, memastikan tidak ada komentar tersembunyi mencegah Anda merebut impian Anda. Anggap saja sebagai memisahkan gandum dari sekam, mengambil apa yang berguna, meninggalkan sisanya dan terus maju!

24. Ketika orang lain menilai Anda kasar, Anda memiliki kesempatan untuk melihat diri Anda. Penelitian menunjukkan bahwa proporsi  pikiran negatif kita bisa  mencapai 80 persen. Pergunakan kesempatan ini untuk melihat dan mengubah proses berpikir Anda sehingga Anda tidak menguras dan menyabotase diri sendiri!

25. Menerima umpan balik dengan baik akan mengingatkan Anda tidak apa-apa memiliki kekurangan – ketidaksempurnaan adalah bagian dari menjadi manusia. Jika Anda dapat mengakui kelemahan dan berusaha mengatasinya tanpa merendahkan diri sendiri, Anda tidak hanya mengalami dari sekedar rasa bahagia, kedamaian, kenikmatan, dan kesuksesan.

Tidak ada dari kita yang sempurna dan orang lain mungkin melihat ketidaksempurnaan kita dari waktu ke waktu. Kita dapat mengamatinya lewat orang-orang di sekeliling kita.

 
Jorganizer Hamdani
024-7060.9694 (flexy)
hope 4 the best n prepare 4 the worst
knowing is nothing without applying

Comments

Popular posts from this blog

Krisis ekonomi 1930-an

HAMPIR sepanjang tiga dasawarsa pertama abad ke-20 ekonomi dunia tumbuh pesat. Optimisme sangat besar juga di Indonesia (Hindia Belanda pada masa itu). Tetapi ternyata krisis datang dengan tiba-tiba menjelang akhir 1929, dan akan berlangsung selama bertahun-tahun. Biarpun sejak 1937 ada perbaikan namun sebenarnya baru Perang Dunia II yang mengakhiri zaman depresi.

Sejak mula, perkebunan Indonesia, sebagai penghasil ekspor, sangat sensitif terhadap naik turunnya pasaran dunia. Dalam abad ke-19 hasil ekspor yang terbesar adalah gula dan kopi, khususnya dari Jawa. Gula, kata orang, adalah laut tempat Pulau Jawa mengapung. Dialah soko guru kemakmuran ekonominya. Tetapi dalam abad ke-20, dengan saingan dari Brazil, yang menanam kopi, dan Filipina dan Kuba yang mengembangkan perkebunan gula, serta dimajukannya pembuatan gula biet di Eropa, arti gula sebagai bahan ekspor merosot. Ekspor gula ini kemudian jatuh sama sekali dan hilang arti…

Dome Of the Rock Itu bukan Al-Aqsa

Sebagian orang mungkin sering keliru membedakan antara Masjid Al-Aqsa dengan the Dome of the Rock (Kubah Batu Karang), dengan khas kuning keemasan. Orang sering menyangka bahwa the Dome of the Rock adalah Masjid Al-Aqsa. Jika diperhatikan dengan teliti peta keliling kawasan Haram As-Sharif secara seksama, kita akan dapat melihat sebuiah lagi kubah berwarna hijau yang kelihatan agak samar-samar. Percaytalah, kubah yang berwarna hijau itulah Masjid Al-Aqsa yang sebenarnya yang kini berada dalam wilayah cengkeraman Yahudi Israel.
Beberapa saat yang lalu, Dr. Marwan Saeed Saleh Profesor Matematika di Universitas Zayed Dubai pernah menulis peringatanj tentnang tipuan yahudi mengenai kubah masjid Al-Aqsa dengan kubah masjid Shakhra atau populer disebut the Dome of the rock (Kubah Batu Karang). Surat yang ditulis dan dimuat di Harian Al-Dastour itu antara lain menjelaskan bebrapa kekeliruan memahami Masjidil Aqsa dan The Dome of The Rock.
Sebagaimana diketahui, disekitar Haram AS-S…

Fiat Money tanpa Standar Emas

Meninggalkan Standar Emas Adalah Kesalahan Fatal Yang Harus Kita TanggungOleh Edmund ConwayPada hari Senin pagi kita sudah berhasil bertahan hidup selama empat dekade dengan fiat money (*) - meskipun, mengingat kekacauan yang terjadi di pasar dalam beberapa pekan terakhir, banyak yang menebak-nebak berapa lama lagi hal ini akan bisa bertahan.Pada tanggal 15 Agustus 1971, saat keuangan publik Amerika terhambat karena biaya perang Vietnam, Presiden Richard Nixon akhirnya memotong kaitan antara dolar AS dan emas. Sampai saat itu, Departemen Keuangan AS berkewajiban untuk menukar satu ons emas dimana Bank Sentral bersedia untuk membayarnya seharga $ 35.Tiba-tiba, untuk pertama kalinya dalam sejarah, tingkat mata uang dunia tidak bergantung pada nilai emas atau komoditas lain yang nyata tapi pada tingkat kepercayaan yang dimiliki investor pada mata uang itu. Bank Sentral diizinkan untuk menetapkan kebijakan moneter berdasarkan naluri mereka daripada pada kebutuhan untuk menjaga …