Inovasi Suzuki Semarang Indonesia

Inovasi Suzuki Menembus Batas

Yunisa Herawati

VIVA – Berada selama 50 tahun di Indonesia membuat perusahaan otomotif sudah mengenal dengan baik, apa yang dibutuhkan masyarakat dari sebuah kendaraan. Namun, zaman dulu sangat berbeda dengan saat ini.

Semakin bertambahnya pemain, membuat persaingan menjadi semakin ketat. Tidak ada pilihan bagi para produsen kendaraan, untuk terus melakukan inovasi agar bisa menyesuaikan dengan keinginan dari konsumen.

Seperti yang dilakukan oleh Suzuki Indonesia. Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif, Jumat 16 Oktober 2020, produk pertama mereka yang hadir di Tanah Air adalah sepeda motor A100 dan FR70. Enam tahun kemudian, PT Suzuki Indomobil Motor menghadirkan mobil pertama, yakni Suzuki Carry ST10.

Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International, Soebronto Laras yang kala itu bertanggung jawab untuk memasarkan produk tersebut, sempat bingung harus ke mana menjualnya. Namun, ia kemudian berhasil membuat takjub para petani cengkih di Manado, Sulawesi Utara.

Tak hanya sebagai alat angkut hasil bumi, kunjungannya ke Celebes juga menjadi cikal dari hadirnya kendaraan angkutan orang, atau yang kini dikenal dengan nama angkutan perkotaan alias angkot. Inovasi Suzuki berikutnya hadir pada 1979, dalam wujud mobil jip Suzuki Jimny LJ80. Mobil ini disukai karena mampu melintas di berbagai kondisi jalan, dan mendapat julukan Jimny Jangkrik karena kelincahannya.

Dua tahun kemudian, hadir versi baru Suzuki Jimny yang lebih gagah, yakni SJ410 dan masih menjadi legenda hingga saat ini karena kemampuannya di medan off-road. Pada 1991, Suzuki Indonesia meluncurkan Suzuki Carry versi minibus yang diberi nama Carry Futura. Meski mengandalkan mesin yang letaknya di bawah jok depan, namun kendaraan ini jadi favorit karena nyaman dan lega.

Di tahun yang sama, divisi roda dua Suzuki menghadirkan sepeda motor RGR 150. Model yang mengusung gaya sport ini langsung laris di pasaran, karena spesifikasinya lebiih tinggi dari kompetitor dan mengusung bentuk yang lebih aerodinamis.

Dua tahun kemudian, Jimny hadir dalam versi Suzuki Katana yang menggunakan penggerak dua roda. Dikenal sebagai mobil irit, Suzuki Katana tampil dalam berbagai varian hasil modifikasi karoseri. Bersamaan dengan Katana, Suzuki juga meluncurkan Suzuki TS125 yang masuk dalam kategori motor trail. Karena nyaris tanpa pesaing dan dibekali kualitas tinggi, tak heran apabila kendaraan ini jadi andalan di area perkebunan.

Inovasi berikutnya adalah Suzuki Vitara dan Escudo, sport utility vehicle yang kemampuannya tangguh namun memiliki suspensi dan interior senyaman sedan. Setelah itu, sepeda motor legenda Suzuki hadir pada 1997, yakni Suzuki Satria. Mengusung mesin dua langkah, kuda besi tersebut jadi favorit para pemacu adrenalin hingga kini.

Masih banyak inovasi yang dihadirkan Suzuki di Indonesia setelah itu. Seperti motor Suzuki Thunder yang memiliki kapasitas tangki bahan bakar besar, mobil Suzuki Karimun yang ikonik, hingga Suzuki Ignis yang berhasil menaikkan pasar low SUV di Tanah Air.

Semua itu membuktikan, bahwa Suzuki tidak pernah berhenti melakukan inovasi dan tak jarang menghadirkan produk yang berbeda serta seolah menembus batas yang ada saat itu, namun pada akhirnya diikuti oleh kompetitornya.

 

Info Pembelian Mobil Suzuki di Semarang, hubungi Diana 081 228 208 228, Duta Cemerlang Dealer

 

Comments